as

Sunday 8 July 2012



Kiamat Internet 9 Juli 2012 Karena Trojan DNS Changer




DNSChanger adalah Trojan aktif dari 2007 hingga 2011. Pekerjaan perusahaan Estonia dikenal sebagai Rove digital, komputer yang terinfeksi malware dengan memodifikasi komputer entri DNS untuk menunjuk ke nama server sendiri, yang kemudian disuntikkan iklan sendiri ke dalam halaman web. Pada puncaknya, DNSChanger diperkirakan telah menginfeksi lebih dari 4 juta komputer, membawa setidaknya $ 14 juta pada keuntungan kepada operator dari pendapatan iklan penipuan.


Operasi
DNSChanger dibagikan sebagai download drive yang juga disebut sebagai video codec yang diperlukan untuk melihat konten pada sebuah situs web, terutama muncul di situs pornografi jahat. Setelah terinstal, malware kemudian dimodifikasi Nama Domain sistem System (DNS) konfigurasi, menunjuk mereka untuk nama server nakal dioperasikan melalui afiliasi dari Rove digital [1]. Server-server nama nakal otomatis diganti iklan pada halaman web dengan iklan yang dijual oleh Rove, dan dilakukan clickjacking, kadang-kadang mengarahkan link ke website yang populer dengan mereka pengiklan, seperti misalnya, mengarahkan situs web IRS dengan sebuah perusahaan persiapan pajak. DNSChanger juga menyebarkan dirinya ke komputer lain dalam LAN, mencoba untuk menginfeksi mereka dengan server berbahaya.
Shutdown sementara DNS server
Pada tanggal 9 November 2011, Amerika Serikat Departemen Kehakiman dibebankan tujuh orang terhubung ke DNSChanger terletak di Estonia dan Rusia dengan penipuan kawat, intrusi komputer, dan konspirasi. Penangkapan itu dilakukan oleh otoritas Estonia, dan kontrol dan server DNS di AS disita oleh FBI.

Karena masalah oleh FBI bahwa pengguna masih terinfeksi oleh DNSChanger akan kehilangan akses internet jika nakal DNS server ditutup seluruhnya, FBI memperoleh perintah pengadilan sementara untuk memungkinkan Sistem Internet Konsorsium untuk mengoperasikan server pengganti untuk melayani permintaan DNS dari mereka yang belum dihapus infeksi, dan untuk mengumpulkan informasi tentang mereka yang masih terinfeksi untuk segera memberitahu mereka tentang malware. Sedangkan perintah pengadilan yang ditetapkan untuk berakhir pada tanggal 8 Maret 2012, perpanjangan diberikan hingga 9 Juli 2012, karena kekhawatiran bahwa ada komputer terinfeksi masih banyak. F-Secure memperkirakan pada 4 Juli 2012 yang setidaknya 300.000 komputer masih terinfeksi dengan malware DNSChanger. Komputer-komputer akan kehilangan akses ke internet sebagian besar pada tanggal 9 Juli 2012 karena shutdown dari server DNS sementara.

Alat-alat online yang tersedia untuk menguji komputer untuk kehadiran DNSChanger, dan Google dan Facebook mengumumkan rencana untuk menampilkan peringatan pada layanan masing-masing untuk memperingatkan pengguna masih terinfeksi oleh DNSChanger dari shutdown yang akan datang.
Kiamat Internet 9 Juli 2012 - Kabar mengenai kiamat tahun 2012 memang sudah lama senter beredar dan bahkan sempat menjadi perbincangan hangat pada tahun 2010 yang lalu ketika film Kiamat 2012 juga dirilis. Adapun kiamat internet 9 Juli 2012 juga mengemuka akhir-akhir ini. Kiamat internet ini mengemuka seiring dengan adanya serangan malware yang disebut dengan DNSCharger.

Kiamat internet yang disebut-sebut disebabkan oleh DNScharger, yaitu program jahat yang dapat memanipulasi DNS (Domain Name System) di komputer yang sudah dijangkiti. Bahaya malware ini sendiri sudah menjadi perbincangan hangat semenjak bulan November tahun 2011 yang lalu.

Adapun hubungan kiamat internet dengan keberadaan malware DNSCharger terkait dengan rencana FBI untuk mematikan sejumlah server yang digunakan untuk memanipulasi DNS palsu di korban. Aksi untuk membersihkan malware dengan cara mematikan seluruh server internet yang sudah terjangkiti ini rencananya akan dilaksanakan pada 8 Maret 2012. Untuk meminimalisir dampak yang akan ditimbulkan, maka rencana mematikan server tersebut diundur hingga 9 Juli 2012.

Dengan beredarnya isu pembersihan malware oleh FBI dengan cara mematikan banyak server internet, membuat isu bahwa akan terjadi kiamat internet 9 Juli 2012 juga turut mengemuka. Melalui beberapa forum internet dan juga situs jejaring sosial informasi inipun kian mengemuka.

Tetapi sepertinya isu kiamat internet ini tidak akan terjadi, sebab seperti diketahui sejauh ini pembuat malware DNSchanger sudah ditangkap, dan semenjak itu keberadaan program jahat itupun sudah kiat menyusut secara drastis.

Sumber : http://ada-gratis.blogspot.com/2012/07/investigasi-kiamat-internet-9-juli-2012.html

No comments:

Post a Comment