as

Tuesday 16 April 2013

Kenali Processor Android Local Anda

1, Allwinner A10/A13
Processor All winner adalah perusahaan processor AP (Aplication Only) dari China, nama lainnya adalah SunXi.
Processor ini hanya fokus untuk applikasi dan tidak menyediakan fitu telephony dan data. Jika tablet menggunakan Allwinner tetapi mendukung GSM/3G berarti GSM/3G didukung oleh modem tambahan yang dipasangkan kedalam tablet.

Kecepatan processor ini tidak mengecewakan dengan kecepatan 1Ghz, processor ini cukup untuk menjalankan aplikasi dan games yang memiliki tingkat kerumitan menengah ke atas seperti permainan 3D. Processor ini mendukung kartu grafis yang tertanam di dalamnya bernama MALI 400.

Untuk daya tahan battery tablet yang mengunakan processor ini pun tidak mengecewakan dibandingkan processor brand China lainnya.

Note: Beberapa vendor menggunakan chipset A10/13 dan mengover clocknya menjadi 1.5Ghz

2. Rockchip (AP Processor, Hanya Applikasi)
Processor rockchip sangat bervariasi dan dari harga jauh lebih murah dibandingkan dengan Allwinner.
Hanya saja RockChip tidak begitu optimal untuk menjalankan aplikasi dan games, Aplikasi dan games terkadang tersedat-sendat. Tetapi performa Rockchip cukup memuaskan ketika pengguna mencoba aplikasi multimedia seperti video dan musik.

Kelemahan lain adalah daya battery yang cukup lemah dan chip yang mudah panas.

3. MTK (Taiwan)
Processor Mediatek yang disingkat MTK mengalami kemajuan yang pesat. Processor MTK sedikit berbeda dengan kedua pesaingnnya di atas. Karena processor ini memiliki RF (Atau antenna radio) yang dapat mengakses data dengan kecepatan 3G.

Untuk kecepatan applikasi MTK 1G single/dual core tidak mengecewakan, banyak games 3D dapat dijalankan dengan lancar. Sayannya untuk 3G MTK belum begitu maksimal dibandingkan dengan processor seperti Qualcomm. Perbedaan 3G di MTK adalah di kecepatan upload yang dipangkas untuk memangkas harga chipset tersebut. Karena kecepatan download juga didukung oleh kecepatan upload yang berfungsi mengirimkan informasi2 yang diperlukan oleh sever.

4. Spreadtrum (China)
Processor yang bergerak agresive untuk ponsel fitur low end ini, sekarang mencoba peruntungannya di dunia processor Android.
Kecepatannya terbilang menengah dan tidak begitu mengecewakan, hanya saja processor saingan MTK yang mendukung RF built in ini hanya mendukung 2G dan 2.5G data.

Dari segi harga processor ini sangat terjangkau, hanya saja masih jarang pabrikan yang menggunakan processor jenis ini.

5. Qualcomm (Amerika)
Qualcomm yang dikenal dengan processor Snapdragon (nama sebuah bunga) ini merupakan processor dengan fitur paling tinggi diatara semua processor yang tertera di atas. Processor ini tidak diragukan dalam kecepatan data 3G dan HSDPA karena memiliki kecepatan download dan upload yang sudah diperhitungkan dengan matang untuk mendapatkan performa yang baik.

Untuk grafik, Qualcomm menggunakan chip grafik Adreno yang telah ditanamkan dalam processor tersebut. Berbeda dengan 4 pesain di atas yang rata-rata menggunakan chip grafik MALI. Adreno memiliki berbagai tingkatan tergantung dari seri processor.

Untuk performa processor besutan Amerika ini tidak diragukan lagi, untuk harga tergolong sedikit lebih mahal dibandingkan processor MTK, tetapi lebih rendah dibandingkan dengan processor global lainnya.

Untuk processor lokal yang disbutkan di atas, saya menyarankan Qualcomm dan MTK untuk pengguna yang mencari performa dan kecepatan data 3G/3.G.
Tetapi untuk processor dengan harga terjangkau tanpa adanya data (wifi only), Allwinner A10/13 adalah pilihan yang bijak.

Masih banyak processor Android lainnya dipasaran dunia, seperti NVIDIA, ST-Ericsson, Texas Instrumen, Samsung Equinox dan lain lain.

1 comment:

  1. permisi .. cara liat di hape gimana yh ? biar tau jenis prosesornya? terus apakah tipe prosesor akan berpengaruh dalam flashing android?
    terimakasi

    ReplyDelete