Barang Supplies
Pendahuluan
Pada
dasarnya barang supplies dalam neraca termasuk bagian dari Aktiva
Lancar. Barang supplies disebut juga dengan istilah perlengkapan, yaitu
barang-barng yang melengkapi kebutuhan dalam kegiatan perusahaan yang
sifatnya habis dipakai dalam kegiatan perusahaan.
Pengertian barang supplies.
Barang
supplies adalah barang-barang yang digunakan untuk melengkapai
kebutuhan dalam kegiatan perusahaan yang sifatnya habis dipakai dan
nilainya relatif kecil.
Nama dan Jenis barang supplies
Nama barang supplies disesuaikan dengan kegiatan masing-masing perusahaan, misalnya :
1. Supplies/ perlengkapan kantor
2. Supplies/ perlengkapan toko
3. Supplies/ perlengkapan salon
4. Supplies/ perlengkapan bengkel
Jenis barang supplies
Barang supplies ada 2 macam yaitu sebagai berikut :
1. Barang
supplies yang habis dipakai, yaitu barang-barang yang hanya dapat
digunakan dalam satu kali pakai dalam kegiatan perrusahaan. Hal ini berarti selalu habis tanpa meninggalkan bekas dalam pemakaiannya.
Misalnya:
Perlengkapan kantor : Kertas, karet penghapus, tinta,alat tullis, map,
amplop, karbon dll
Perlengkapan toko : Kertas pembungkus, plastik, buku nota, tali
rafia, dll
Perlengkapan salon : Kosmetik, shampoo, cream dll
Perlengkapan bengkel : Oli, bensin, paslin, amplas, dll
2. Barang supplies tidak habis pakai, yaitu barang-barang yang dapat digunakan berulang-ulang dan tahan lama dalam pemakaiannya.
Misalnnya:
Perlengkapan kantor : Gunting, steples, pelubang kertas (perforator),
cap tanggalan, bantalan cap, bak-bak surat,
dll
Perlengkapan toko : Timbangan, meteran, gunting, kalkulator, dll
Perlengkapan salon : Sisir, sabun, handuk, rak kosmetik, dll
Perlengkapan bengkel : Kunci pas, obeng, perlengkapan bengkel
lainnya (spare part)
Spesifikasi Barang Supplies
Berdasarkan pengertian barang supplies/perlengkapan mempunyai spesifikasi antara lain:
1. Melengkapi kebutuhan dalam kegiatan perusahaan
2. Sifatnya habis dipakai/dipakai berulang-ulang dalam kegiatan perusahaan
3. mempermudah dan memperlancar proses pelaksanaan kegiatan perusahaan
4. Sebagai aset termasuk kelompok aktiva lancar
5. Nilainya relatif kecil.
Prosedur penerimaan barang supplies
Apabila suatu kantor membutuhkan barang untuk keperluan kantor,
maka perlu dibuatkan daftar kebutuhan barang secara terperinci oleh
pejabat/pegawai yang berwenag untuk hal itu. Setelah barang yang dipesan
diterima dan dicatat dalam buku penerimaan barang, dibuatkan berita
acaranya oleh pejabat/pegawai yang bertanggungjawab atas penerimaan
barang.
Barang supplies/perlengkapan yang diperoleh dengan cara pembelian baik secara kredit maupun tunai akan berakibat persediaan barang supplies yang bersangkutan bertambah. Pembelian barang supplies akan dicatat pada akun “perlengkapan” di debit dan akun “kas/hutang” dicatat sebelah kredit.
Contoh:
Dibeli perlengkapan kantor secara tunai Rp 1.000.000,00. Transaksi tersebut akan dicatat dalam jurnal:
Perlengkapan Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000,00
Bukti Penerimaan Barang Supplies
Barang
supplies yang diterima, baik dari bagian gudang/logistik, maupun barang
supplies yang diterima dari pembelian tunai/kredit. Dicatat berita
acaranya oleh pejabat/pegawai yang berwenang.
PT TAKADA
Jl. Ciputat Raya 102
Jakarta Selatan
BUKTI PENERIMAAN BARANG
No. Bukti : M 01/TKD/05
| |||||||||
No
Urut
|
Tgl
Terima
|
Nama & Alamat Pengirim
|
Tanda Bukti Pengiriman
|
Uraian Barang (nama, merk)
|
Banyak
nya
|
Harga
|
Ket
| ||
Tgl
|
No
|
Satuan
|
Jumlah
| ||||||
1
|
2/9/05
|
UD Abadi
Depok
|
31/8/05
|
01/AB/05
|
Kertas HVS
Streples 3M
|
20 rim
5 bh
|
30.000
10.000
|
600.000
50.000
|
PT TAKADA
Jl. Ciputat Raya 102
Jakarta Selatan
BUKTI PENERIMAAN BARANG
No. Bukti : M 02/TKD/05
| |||||||||
No
Urut
|
Tgl
Terima
|
Nama & Alamat Pengirim
|
Tanda Bukti Pengiriman
|
Uraian Barang (nama, merk)
|
Banyak
nya
|
Harga
|
Ket
| ||
Tgl
|
No
|
Satuan
|
Jumlah
| ||||||
1
|
10/9/05
|
UD Laris
Ciputat
|
8/9/05
|
08/LR/05
|
Kertas HVS
|
10 rim
|
28.000
|
280.000
|
Laporan penerimaan barang
Berdasarkan
bukti-bukti penerimaan barang, dicatat kedalam buku penerimaan barang
diurut berdasarkan tanggal bukti penerimaan barang
PT TAKADA
Jl. Ciputat Raya 102
Jakarta selatan
BUKU PENRIMAAN BARANG
| |||||||||
No
Urut
|
Tgl
Terima
|
No
Bukti
Penerimaan barang
|
Nama & Alamat Pengirim
|
Tanda Bukti Pengiriman
|
Uraian Barang (nama, merk)
|
Banyak
nya
|
Harga
| ||
Tgl
|
No
|
Satuan
|
Jumlah
| ||||||
1
2
|
2/9/05
10/9/05
|
M 01 /TKD/05
M 02 /TKD/05
|
UD Abadi
Depok
UD Laris
Ciputat
|
31/8/05
8/9/05
|
01/AB/05
08/LR/05
|
Kertas HVS
Streples 3M
Kertas HVS
|
20 rim
5 bh
10 rim
|
30.000
10.000
28.000
|
600.000
50.000
280.000
|
Bagian-bagian yang terkait dengan transaksi penerimaan barang supplies
1. Bagian inventarisasi
Bagian
ini yang melakukan pendataan barang-barang yang masih ada atau sudah
habis dalam persediaan, untuk kemudian dibuatkan daftar kebutuhan barang
untuk satu periode.
2. Bagian pengadaan barang, bagian ini yang melakukan pembelian barang supplies
3. Bagian
gudang/logistik, bagian ini yang melakukan penyimpanan/pengelolaan
barang supplies, sebagian pintu gerbang keluar/masuknya barang supplies
untuk keperluan unit-unit dalam perusahaan.
Bukti pengeluaran barang supplies
Pengeluaran
barang supplies disebabkan karena adanya pemakaian
pengeluaran/pengurangan barang supplies dari gudang. Dasar pencatatan
adalah bukti pengiriman barang yang telah ditandatangani oleh bagian
pengiriman barang.
PT TAKADA
Jl. Ciputat Raya 102
Jakarta Selatan
Bukti No.K 001
Bukti Pengeluaran Barang
Kepada :
Bagian administrasi umum
| ||||
No
|
Nama Barang
|
Satuan
|
Banyak
|
Keterangan
|
1
2
|
Kertas HVS
Streples
|
rim
buah
|
25
2
| |
Jakarta, 7 September 2005
Pengirim
Bag. Gudang
|
PT TAKADA
Jl. Ciputat Raya 102
Jakarta Selatan
Bukti No.K 002
Bukti Pengeluaran Barang
Kepada :
Bagian administrasi umum
| ||||
No
|
Nama Barang
|
Satuan
|
Banyak
|
Keterangan
|
1
2
|
Kertas HVS
Streples
|
rim
buah
|
7
1
| |
Jakarta, 12 September 2005
Pengirim
Bag. Gudang
|
Prosedur pengelolaan kartu persediaan supplies
Kartu
persediaan supplies, seperti halnya piutang atau buku hutang merupakan
buku tambahan dalam hal ini untuk perkiraan perlengkapan. Buku tambahan
kartu persediaan supplies digunakan untuk mencatat penambahan,
pengurangan dan saldo akhir dari setiap jenis barang
supplies/perlengkapan.
Setiap
transaksi penambahan dan pembelian barang supplies harus di catat, baik
di kartu persediaan supplies maupun di perkkiraan buku besar
supplies/perlengkapan
Kartu persediaan supplies
Ada
tiga hal yang dicatat dalam kartu persediaan supplies yaitu penambahan,
pengurangan dan saldo yang ada setelah terjadinya suatu transaksi.
Mutasi
yang terjadi mengakibatkan perubahan persediaan barang supplies.
Penambahan dalam kartu persediaan supplies disebabkan karena adanya
Pembelian, atau penerimaan dari pihak lain, dasar pencatatannya adalah
tanda penerimaan dari pihak lain, dasar pencatatannya adalah tanda
terima barang yang dikuatkan oleh bagian gudang. Pengurangan dalam kartu
persediaan supplies disebabkan karena adanya pemakaian barang supplies,
atau karena adanya kerusakan barang supplies.
PT TAKADA
Jl. Ciputat Raya 102
Jakarta Selatan
KARTU PERSEDIAAN SUPPLIES
Nama Barang: Kertas HVS Kode barang: 001 K
| |||||
Tanggal
|
No.Bukti
|
Penambahan (unit)
|
Penguranngan (unit)
|
Saldo (unit)
| |
2005
Sept
|
1
2
7
10
12
|
Saldo
M 01/TKD/05
K 001
M 02/TKD/05
K 002
|
-
30 rim
-
10 rim
-
|
-
-
25 rim
-
7 rim
|
3 rim
33 rim
8 rim
18 rim
11 rim
|
PT TAKADA
Jl. Ciputat Raya 102
Jakarta Selatan
KARTU PERSEDIAAN SUPPLIES
Nama Barang: Streples 3 M Kode barang: 001 STP
| |||||
Tanggal
|
No.Bukti
|
Penambahan (unit)
|
Penguranngan (unit)
|
Saldo (unit)
| |
2005
Sept
|
1
2
7
12
|
Saldo
M 01/TKD/05
K 001
K 002
|
-
5 bh
-
-
|
-
-
3 bh
2 bh
|
1 bh
6 bh
3 bh
1 bh
|
Pengurangan
dalam kartu persediaan supplies biasanya terjadi karena ada pemakaian
barang supplies, pengurangan lain dapat terjadi karena ada kerusakan
barang supplies dalam penyimpanan.
Dasar
untuk mencatat pengurangan dalam kartu persediaan adalah pengeluaran
barang dari gudang, dan bukti pengiriman barang telah ditandatangani
oleh bagian pengiriman barang.
Harga pokok barang supplies yang dipakai/dikeluarkan dalam satu periode tergantung pada penetapan harga pokok yang digunakan.
Pada
Akhir periode berdasarkan kartu-kartu persediaan supplies disusun
laporan ikhtisar persediaan barang supplies oleh bagian gudang
Laporan Ikhtisar Persediaan barang supplies
PT TAKADA
Jl. Ciputat Raya 102
Jakarta Selatan
Laporan Persediaan Barang Supplies
| ||||
No
|
No
Kode
|
Nama Barang
|
Spesifikasi
|
Jumlah
Kuantitas
|
1
2
|
001 STP
001 K
|
Streples
Kertas HVS
|
3 M
Kuarto
|
1 buah
11 rim
|
Jakarta, 30 September 2005
Kepala Bagian Gudang
|
Peralatan pengelolaan persediaan barang supplies
Tempat penyimpanan : Almari
Dokumen-dokumen : - Faktur sebagai bukti transaksi pembelian
- Bukti penerimaan barang
- Buku untuk penerimaan barang
- Bukti pengeluaran barang
- Kartu persediaan supplies
- Laporan Ikhtisar persediaan barang suppliesSumber : http://maoppuslam.blogspot.com/2009/02/mengelola-kartu-persediaan-supplies.html
No comments:
Post a Comment