as

Thursday 16 January 2014

Sertifikat Online

06SEP
Sedikit berbasa-basi mengenai sertifikasi dan sertifikat. Sertifikasi adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan guna mengetahui kompetensi tenaga teknik yang sesuai permohonan kualifikasi dan klasifikasi yang diajukannya. Rangkaian kegiatan terdiri dari:
    • Pembekalan : berupa pendidikan dan/atau pelatihan yang bentuk dan kedalamannya disesuaikan dengan kemampuan dasar pemohon.
    • Uji Kompetens i: terdiri dari uji tertulis dan wawancara.
Bagi yang mampu mengikuti seluruh kegiatan dan dapat menyelesaikan tes dengan baik akan diterbitkan Sertifikat. Sertifikat terdiri dari dua jenis kualiafikasi, yaitu:
    1. Sertifikat Keterampilan
    2. Sertifikat Keahlian
Saat ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi perusahaan dalam mencari tenaga kerja bidang Teknologi Informasi dengan mengajukan persyaratan kompetensi yang dibuktikan dalam bentuk kepemilikan sertifikasi. Baik itu sertifikasi internasional maupun sertifikasi yang sifatnya lokal. Namun demikian standar kompetensi masih tetap mengacu pada sertifikasi internasional yang dikeluarkan langsung oleh vendor IT, ambil contoh : Cisco Certified, Microsoft Certified, dll. Sertifikasi ini seringkali jauh lebih dihargai oleh dunia industri ketimbang sertifikasi lokal.
Permasalahannya adalah biaya ujian sertifikasi internasional relatif mahal malah biayanya mungkin boleh jadi sama dengan biaya trainingnya. Akibatnya banyak kalangan profesional IT berhitung-hitung apakah biaya yang dikeluarkan ini nantinya akan ditebus dengan kesuksesan dalam meraih sertifikasi? Karena bila gagal, lumayan membuat jera karena telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, diperlukan kesungguhan dan kerja keras agar kita bisa lulus ujian sertifikasi. Pada akhirnya keberhasilan meraih sertifikasi juga akan mendorong sukses dalam berkarir.
Dan karena hal itu, artikel ini hanya buat sekedar informasi mengenai beberapa situs-situs yang memberikan sertifikat gratis yang bisa ngebantu kita buat melamar kerja, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan. Diantara situs-situs tersebut antara lain :
Di situs ini kita bisa mengambil ujian sertifikasi internasional secara gratis. Kita bahkan dapat mencantumkan bukti kelulusan yang diajukan kepada cv dalam bentuk nomor transcript ID sedangkan untuk mengambil hardcopy-nya baru kita dituntut membayarnya. 
Ujian keahlian ini bisa diikuti pada link yang telah disediakan oleh Brainbench di alamat berikut :  http://www.brainbench.com/xml/bb/common/testcenter/alltests.xml
contoh sertifikat dari Brainbench.com
yang merupakan kerjasama antara PCMedia dengan Microsoft. Disini Anda dapat mengikuti ujian sertifikasi untuk membuktikan kompetensi Anda menggunakan program Microsoft Office. Syarat kelulusan adalah minimal Anda dapat menjawab 65% pertanyaan dengan benar dengan batas waktu minimal 45 menit.  Ujian sertifikasi yang tersedia ada 4 pilian yaitu word, exel, power point, dan outlook semuanya versi 2007.
Untuk bisa mengikutinya silahkan anda daftar dan login, kemudian ikuti ujiannya pada alamat berikut ini : http://sertifikasioffice.com/
contoh sertifikat dari PCMedia Mahir Office 
Anda bisa menguji skill dan mendapatkan Referensi Keahlian, sebagai bentuk Apresiasi kepada Pengguna. Referensi Keahlian dapat dijadikan koleksi pribadi ataupun Anda sertakan dalam CV dan memperkuat Kompetensi Anda dalam persaingan di pasar kerja.
Untuk mengikutinya klik alamat http://www.bamboomedia.net/ujikeahlian.php. Isi Form dengan Data Anda, Pilih Modul Ujian yang disediakan, Jawab Pertanyaan sebanyak 20 nomor (Random & Dibatasi Waktu), Untuk nilai > 85 bisa mendapatkan Referensi Keahlian (Sertifikat), Lembar Hasil akan dikirim via email dalam bentuk PDF.
contoh sertifikat dari Bamboomedia
Hal yang harus diingat adalah semua situs diatas menyediakan tes-tes dengan soal yang bervariasi, jadi untuk menjawabnya  harus belajar yang serius sesuai bidang yang lo mau ikutin tesnya. Dengan Referensi Keahlian ini dapat dijadikan koleksi pribadi ataupun Anda sertakan dalam CV dan memperkuat Kompetensi Anda dalam persaingan di pasar kerja.

No comments:

Post a Comment