Jokowi blusukan ? bersih ? giat kerja ? Tidak ada apa apanya dengan orang ini
Jokowi sering blusukan ?
Jokowi merakyat dan berprestasi ?
apa prestasinya ?
kalau dibawah ORANG ini = biasa saja jokowi, kalau diatas ini jokowi baru hebat.
ayo bandingkan untuk posisi STANDARD MINIMAL PENILAIAN.
Jokowi merakyat dan berprestasi ?
apa prestasinya ?
kalau dibawah ORANG ini = biasa saja jokowi, kalau diatas ini jokowi baru hebat.
ayo bandingkan untuk posisi STANDARD MINIMAL PENILAIAN.
Prestasi
1. Kebangkitan Industri Persenjataan Dalam Negeri.
*komoditas PT.PINDAD
BUMN mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk pengadaan perlatan militer dan sistem persenjataan dengan produksi dalam negeri. Kebijakan pemerintah didukung dengan restrukturisasi BUMN strategis. PT. DI, PT. PAL, PT. Pindad, PT. Dahana dll disiapkan untuk memenuhi permintaan TNI. Hasilnya kinerja keuangan BUMN-BUMN itu terus membaik.
*komoditas PT.DI
*komoditas PT.PAL
PT. DI mencatat rekor pesanan pesawat terbesar sepanjang sejarah. Kalau tahun 2011 hanya mendapat pesanan senilai 2 triliun, pada tahun 2012 melonjak menjadi Rp7,79 triliun dengan nilai penjualan Rp2,69 triliun. Dahlan juga berhasil mengikat komitmen Islamic Development Bank untuk memberikan kredit ekspor untuk PT DI senilai senilai Rp 30 triliun atau setara US$ 3,3 miliar selama 3 tahun. Kredit ini akan mempermudah pembeli untuk merancang skema pembelian pesawat buatan PT DI. PT. PAL yang tahun 2011 rugi 1,32 triliun rupiah mulai bangkit dan berhasil menekan kerugian menjadi ‘hanya’ Rp. 262 miliar. PT Dahana, BUMN penghasil bahan peledak yang pernah kolaps, berhasil membuat pabrik baru yang merupakan pabrik peledak terbesar di Asean. Manufaktur yang diberi nama Energetic Material Center (EMC) di Subang, Jabar itu mulai berproduksi 2012 kemaren. Bom pintar berteknologi fuse untuk jet tempur shukoi pun sudah bisa diproduksi. Bahkan tahun 2014 PT Dahana berekspansi ke Australia dengan membangun pabrik di sana.
http:// sorot.news.viva. co.id/news/ read/ 349764-dicari–s enjata–made-in -ri-
2. Membentuk BUMN baru, Airnav Indonesia.
ATC (air traffic controller) Indonesia menjadi sorotan dunia akibat kecelakan Shukoi. Pembenahan langsung dilakukan BUMN. ATC yang sebelumnya dibawah manajemn Angkasa Pura berubah menjadi operator tunggal penerbangan dan menjadi BUMN baru bernama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) yang disingkat Airnav Indonesia. Visi besar Dahlan Iskan dengan membentuk Airnav, selain agar navigasi udara lebih pprofesional, juga agar Indonesia berdaulat penuh pada pengaturan wilayah udaranya. Pengelolaan navigasi udara di wilayah Flight Information Region (FIR) Batam yang masih dikelola Singapura, bakal diambil alih. Airnav Indonesia diresmikan 16 Januari 2013. Kelahirannya adalah sebuah tonggak bersejarah dalam penerbangan nasional.
http:// www.merdeka.com/ uang/ bisa-apa-perum-n avigasi-bikinan -dahlan.html
3. Pembenahan Tata Niaga Pupuk
Dahlan Iskan mendayagunakan seluruh kekuatan BUMN yang berhubungan dengan pangan untuk all out melawan ketergantungan bangsa ini akan impor pangan yang semakin membesar. Pabrik pupuk yang selama ini rebutan pasar disinergikan. 18 April 2012, BUMN pupuk melakukan transformasi strategi dengan mengganti nama dan logo menjadi PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC). Kalau dulunya sikut-sikutan memperebutkan wilayah penjualan, sekarang pabrik-pabrik pupuk bersinergi memenuhi kebutuhan petani dengan menerapkan rayonisasi pupuk.
http:// www.pusri.co.id/ 50publikasi01.ph p?tipeid=DD&pub id=pub20120412
4. Penguatan Bulog
Peran penting Bulog sebagai lembaga pengawal ketahanan pangan nasional dikuatkan oleh kementerian BUMN. Manajemen dirombak untuk mengurangi korupsi. Strategi pasar Bulog pun semakin agresif dengan sistem jemput bola. “pasukan semut” Bulog yang merayap ke desa-desa dan ke sawah-sawah di seluruh Indonesia. Hasilnya Bulog mencatat rekor pengadaan beras nasional. Kalau tahun sebelumnya jumlah pengadaan beras berkisar 2 juta ton, Tahun 2012 meningkat 30 sampai 40% beras menjadi 3,67 juta ton beras dan stok akhir sebanyak 2,23 juta ton. Tahun 2012 impor beras berhasil ditekan.
http:// ekonomi.inilah.c om/read/detail/ 1955486/ dahlan-tidak-san gka-bulog-mampu -cetak-sejarah# .Ul5IbGQpa50
5. Food Estate Ketapang
6. Industrialisasi Sorgum
Indonesia mengimpor 7 juta ton tepung terigu per tahun untuk pembuatan roti dan mi instan. Kebergantungan pada impor gandum, selain mematikan sektor pertanian, menguras devisa hingga 2,5 miliar dollar AS per tahun. Dahlan menginstruksika n penanaman15 ribu hektare (ha) tananam sorgum pada BUMN-BUMN perkebunan. Targetnya indonesia bisa memproduksi sorgum dua juta ton dalam setahun, sehingga bisa mengurangi 30 persen impor. Ujicoba penanamana sorgum dilakukan di lahan marginal seluas 7.5 hektar PTPN XII, Banyuwangi. Panen perdana sukses dilakukan pada November 2012. Budidaya sorgum juga dimanfaatkan BUMN untuk membantu pengentasan kemiskinan di Atambua NTT.
http:// koran-jakarta.co m/index.php/ detail/view01/ 105489
http:// id.berita.yahoo. com/ dahlan-bogasari- siap-beli-tepun g-sorgum-atambu a-063122329.htm l
7. Membranisasi Garam
Negara 70% wilayahnya berupa lautan ini ini ternyata harus mengimpor 2,7 juta ton garam/tahun. Produksi garam secara tradisional menjadi penyebabnya. BUMN PT Garam kemudain menjadi pioner penggunaan geomembran untuk melapisi ladang garamnya. Hasilnya produksi garam meningkat dari 70 ton/ha menjadi 130 ton/ha. Kualitas garam yang dihasilkan pun 100% kelas satu karena tidak bercampur dengan tanah. Keberhasilan ujicoba ini akan diterapkan di ladang milih petani rakyat. Juni 2013 BUMN mengucurkan kredit pembelian geomembran untuk 1000 petani termiskin.
http:// beritajatim.com/ ekonomi/178625/ bumn_akan_pinjam i_petani_garam_ modal.html#.Ul5 Y-mQpa50
Tapi rupanya kredit tahap awal untuk 1000 petani itu dirasa kurang. Petani pemilik lahan yang tidak termasuk 1000 petani miskin pun menuntut diberi fasilitas yang sama. Memang jumlah petani garam di Madura diperkirakan lebih dari 5000 orang. Semoga BUMN segera menambah jumlah kreditnya.
8. Revolusi Oranye
Serbuan buah impor harus di lawan. Potensi ekspor buah tropis juga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ide revolusi oranye dari IPB ditangkap Dahlan Iskan dengan menginstruksika n PTPN untuk menanam buah tropis. Buah-buahan seperti pisang, durian, manggis, pepaya dll akan ditanam besar-besaran di seluruh indoensia. Juni 2013, PTPN VIII sudah mulai menanam 1.200 ha perkebunan buah tropis. Panen perdananya berupa Pisang Barangan di Kebun Jalupang, Subang, Jawa Barat yang akan menghasilkan 700 ton hingga akhir tahun ini. “Saatnya kita menjadi eksportir buah, bukan cuma importir buah” Kata Dahlan.
http:// www.antaranews.c om/berita/ 344418/ ipb-kementerian- bumn-luncurkan- revolusi-orange
9. Melawan Impor Sapi
Kasus impor sapi ini tidak perlu diceritakan kembali. Yang jelas, Indonesia masih harus mengimpor sapi 350.000 ekor/tahun. Itupun harus dibayar mahal mencapai 120 ribu/kilogram daging. Mengatasi impor sapi ini, Dahlan Iskan berinisiatif memanfaatkan BUMN peternakan yang selama ini nyaris tak terdengar: PT Berdikari yang ‘terjerumus’ ke bisnis asuransi dan mebel. Peternakan sapi milih BUMN di padang savanah Kabaru diserahkan pengelolanya ke Berdikari. PT. Berdikari melalui anak perusahaannya juga membuat peternakan sapi terintegrasi di Sidrap Sulawesi. PTPN-pun dipaksa mengembangkan Sapi Sawit sebagai alternatif pakan murah. Budidaya Sorgum dimanfaatkan juga sebagai penyedia pakan murah melalui inovasi permen sorgum. Tapi hasilnya tidak sesuai yang diharapkan karena keterbatasan sapi bakalan. Pakan sudah tersedia, tapi sapi anakan yang mau digemukkan susah dicari.
Dahlan lalu melontarkan ide kontroversial dengan pembelian saham peternakan di Australia. Rencananya sapi bakalan akan diproduksi disana, lalu digemukkan di Indonesia. Alasannya produksi anakan sapi di Australia lima kali lebih murah ketimbang di Indonesia. Sedangkan biaya penggemukan sapi di Indonesia lebih murah tiga kali lipat dibanding di Australia. Dua BUMN yaitu RNI dan Pupuk Indonesia sedang bernegosiasi mewujudkan ide ini.
http:// ekbis.sindonews. com/read/2013/ 09/11/34/781753/ kembangkan-sapi- bumn-bertekad-b eli-lahan-di-au stralia
10. Membangkitkan BUMN Perikanan.
Sempat berhenti beroperasi 7 tahun lalu. PT.Perikanan Indonesia dibangkitkan lagi melalui restrukturisasi tanpa menggunakan modal negara oleh Dahlan Iskan. Hasilnya sampai akhir tahun 2013 laba diperkirakan bisa menembus Rp2,7 miliar, naik dari laba tahun 2012 sebesar Rp1,6 miliar. Kontribusi pendapatan masih dari bisnis penangkapan dan pengolahan ikan. 26 September 2013, Dahlan meresmikan pabrik pengolahan ikan modern milik Prinus di Sorong, Papua. Ditargetkan mulai tahun depan Prinus bisa melakukan ekspor ikan olahan.
http:// id.berita.yahoo. com/ dahlan-bangkitka n-bumn-perikana n-yang-hampir-t erkubur-0523437 94–finance.htm l
http:// finance.detik.co m/read/2013/09/ 27/124650/ 2371228/1036/ bangun-papua-dah lan-resmikan-pa brik-pengolahan -ikan-modern-bu mn-di-sorong
11. Batan Tekno mulai Mendunia
Masih banyak program ketahanan pangan berskala lebih kecil yang di dukung BUMN. Seperti budidaya singkong gajah di Wonogiri, budidaya Porang di Blora, pembangunan pabrik sagu di Distrik Kais, Papua dan lain-lain. Semua proyek ini sedang berjalan dan masih banyak kekurangan disana sini. Setidaknya langkah pertama sudah diayunkan.
12. PT. Kertas Leces dibangkitkan
13. Pabrik Gula Merah Putih
14. PT. IKI Timbul dari Tenggelam
15. program BPJS Kesehatan
Visi kedua kementerian BUMN di bawah Dahlan Iskan adalah menjadi Engine of Growth. BUMN harus menjadi mesin pertumbuhan ekonomi bangsa. Proyek-proyek penting yang akan bisa menggerakkan ekonomi secara nyata harus dimasuki BUMN.
Kebuntuan pembangunan infrastruktur di Indonesia selama ini mengambat pertumbuhan ekonomi. Padahal pengembangan infrastruktur yang baik akan meningkatkan daya saing usaha. Transportasi lancar dan efisien, harga barang akan lebih murah.
Selama 2 tahun menjadi menteri BUMN, Dahlan Iskan memanfaatkan kekuatan investasi BUMN yang setara APBN melakukan berbagai terobosan untuk memecahkan kebuntuan pembangunan infrastruktur. Tanpa menggunakan APBN, proyek-proyek infrastruktur berjalan cepat tanpa hambatan birokrasi dan terhindar dari kongkalikong.
TOL BALI MANDARA, BALI
Semula tol ini akan dibangun melalui jalur darat dengan rute Denpasar selatan-Seranga n-Benoa-Nusa Dua, dengan total biaya Rp5,5 triliun. Tapi karena harga tanah yang sangat tinggi, tidak ada investor yang tertarik. Tol ini 5 tahun mangkrak padahal kemacetan di Denpasar semakin parah. BUMN kemudian membuat terobosan jalan tol tanpa tanah atau di tepi pantai dengan biaya hanya Rp2 triliun dan tidak membutuhkan anggaran pemerintah (APBN). Hasilnya tol sepanjang 12 km persegi itu tuntas dikerjakan dalam waktu 14 bulan oleh Konsorsium BUMN. Diresmikan 23 September 2013, tol yang diberi nama Bali Mandara oleh Presiden SBY ini mencatat sejarah sebagai tol atas laut pertama dan pembangunan tol tercepat di Indonesia.
http:// www.jpnn.com/ read/2013/09/17/ 191454/ Dahlan-Iskan-Ban ggakan-Keistime waan-Tol-Bali-
http:// www.youtube.com/ watch?v=nCRiG2CR yec
BANDARA KUALA NAMU, MEDAN.
Direncanakan dibangun sejak tahun 1994 namun pembangunan resmi dimulai 26 Juni 2006 oleh wapres Jusuf Kalla. Setelah itu pembangunan berjalan lambat karena masalah pembebasan tanah. Baru dua tahun terakhir ini pembanguan Kuala Namu oleh konsorsium BUMN berhasil menyelesaikan 50% yang tersisa. Tanggal 25 Juli 2013 KNIA memulai operasional perdana menggantikan Bandara Polonia dengan sukses. KNIA adalah bandara pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan moda kereta.
http:// www.waspada.co.i d/ index.php?option =com_content&vi ew=article&id=2 95624%3Aoperasi onal-perdana-kn ia-sukses&catid =77%3Afokuredak si&Itemid=131
BANDARA NGURAH RAI, BALI
PELABUHAN TELUK BAYUR, SUMATERA BARAT
SEDANG DIBANGUN:
PELABUHAN KALIBARU (NEW TANJUNG PRIOK), JAKARTA
PELABUHAN SORONG, PAPUA.
TERMINAL 2 BANDARA JUANDA, SURABAYA.
1. Kebangkitan Industri Persenjataan Dalam Negeri.
Spoiler for 1. Kebangkitan Industri Persenjataan Dalam Negeri.
*komoditas PT.PINDAD
BUMN mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk pengadaan perlatan militer dan sistem persenjataan dengan produksi dalam negeri. Kebijakan pemerintah didukung dengan restrukturisasi BUMN strategis. PT. DI, PT. PAL, PT. Pindad, PT. Dahana dll disiapkan untuk memenuhi permintaan TNI. Hasilnya kinerja keuangan BUMN-BUMN itu terus membaik.
*komoditas PT.DI
*komoditas PT.PAL
PT. DI mencatat rekor pesanan pesawat terbesar sepanjang sejarah. Kalau tahun 2011 hanya mendapat pesanan senilai 2 triliun, pada tahun 2012 melonjak menjadi Rp7,79 triliun dengan nilai penjualan Rp2,69 triliun. Dahlan juga berhasil mengikat komitmen Islamic Development Bank untuk memberikan kredit ekspor untuk PT DI senilai senilai Rp 30 triliun atau setara US$ 3,3 miliar selama 3 tahun. Kredit ini akan mempermudah pembeli untuk merancang skema pembelian pesawat buatan PT DI. PT. PAL yang tahun 2011 rugi 1,32 triliun rupiah mulai bangkit dan berhasil menekan kerugian menjadi ‘hanya’ Rp. 262 miliar. PT Dahana, BUMN penghasil bahan peledak yang pernah kolaps, berhasil membuat pabrik baru yang merupakan pabrik peledak terbesar di Asean. Manufaktur yang diberi nama Energetic Material Center (EMC) di Subang, Jabar itu mulai berproduksi 2012 kemaren. Bom pintar berteknologi fuse untuk jet tempur shukoi pun sudah bisa diproduksi. Bahkan tahun 2014 PT Dahana berekspansi ke Australia dengan membangun pabrik di sana.
http:// sorot.news.viva. co.id/news/ read/ 349764-dicari–s enjata–made-in -ri-
2. Membentuk BUMN baru, Airnav Indonesia.
Spoiler for 2. Membentuk BUMN baru, Airnav Indonesia.
ATC (air traffic controller) Indonesia menjadi sorotan dunia akibat kecelakan Shukoi. Pembenahan langsung dilakukan BUMN. ATC yang sebelumnya dibawah manajemn Angkasa Pura berubah menjadi operator tunggal penerbangan dan menjadi BUMN baru bernama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) yang disingkat Airnav Indonesia. Visi besar Dahlan Iskan dengan membentuk Airnav, selain agar navigasi udara lebih pprofesional, juga agar Indonesia berdaulat penuh pada pengaturan wilayah udaranya. Pengelolaan navigasi udara di wilayah Flight Information Region (FIR) Batam yang masih dikelola Singapura, bakal diambil alih. Airnav Indonesia diresmikan 16 Januari 2013. Kelahirannya adalah sebuah tonggak bersejarah dalam penerbangan nasional.
http:// www.merdeka.com/ uang/ bisa-apa-perum-n avigasi-bikinan -dahlan.html
3. Pembenahan Tata Niaga Pupuk
Spoiler for 3. Pembenahan Tata Niaga Pupuk
Dahlan Iskan mendayagunakan seluruh kekuatan BUMN yang berhubungan dengan pangan untuk all out melawan ketergantungan bangsa ini akan impor pangan yang semakin membesar. Pabrik pupuk yang selama ini rebutan pasar disinergikan. 18 April 2012, BUMN pupuk melakukan transformasi strategi dengan mengganti nama dan logo menjadi PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC). Kalau dulunya sikut-sikutan memperebutkan wilayah penjualan, sekarang pabrik-pabrik pupuk bersinergi memenuhi kebutuhan petani dengan menerapkan rayonisasi pupuk.
http:// www.pusri.co.id/ 50publikasi01.ph p?tipeid=DD&pub id=pub20120412
4. Penguatan Bulog
Spoiler for Penguatan Bulog
Peran penting Bulog sebagai lembaga pengawal ketahanan pangan nasional dikuatkan oleh kementerian BUMN. Manajemen dirombak untuk mengurangi korupsi. Strategi pasar Bulog pun semakin agresif dengan sistem jemput bola. “pasukan semut” Bulog yang merayap ke desa-desa dan ke sawah-sawah di seluruh Indonesia. Hasilnya Bulog mencatat rekor pengadaan beras nasional. Kalau tahun sebelumnya jumlah pengadaan beras berkisar 2 juta ton, Tahun 2012 meningkat 30 sampai 40% beras menjadi 3,67 juta ton beras dan stok akhir sebanyak 2,23 juta ton. Tahun 2012 impor beras berhasil ditekan.
http:// ekonomi.inilah.c om/read/detail/ 1955486/ dahlan-tidak-san gka-bulog-mampu -cetak-sejarah# .Ul5IbGQpa50
5. Food Estate Ketapang
Spoiler for Food estate
Mengejar
swasembada beras, Konsorsium BUMN membuka lahan sawan baru di Kabupaten
Ketapang, Kalbar. Ketapang dipilih karena mempunyai potensi lahan
pertanian seluas 730 ribu hektar yang selama ini sebagian besar cuma
lahan tidur. Targetnya ada 100.000 hektar sawah baru untuk melawan alih
fungsi lahan pertanian di daerah lain.
Di Food Estate Ketapang inilah tekad untuk beralih dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern ditanam. Ketapang dalam waktu sekejap menjadi laboratorium pertanian terbesar. Di sinilah pupuk baru, benih baru, teknologi dan alat-alat pertanian baru diujicoba. Panen pedana sudah dilakukan pada awal April 2013. Dengan cara bertanam memanfaatkan teknologi modern itu. Produktifitas sawah yang biasanya hanya 2,5-3 ton/hektar meningkat menjadi 5 ton/hektar. Petani yang biasanya hanya panen sekali setahun bisa panen 3 kali dalam setahun. Proyek sejenis akan diterapkan di daerah lain.
http:// www.setkab.go.id / pro-rakyat-8709- food-estate-ket apang-mendukung -surplus-10-jut a-ton-beras.htm l
Di Food Estate Ketapang inilah tekad untuk beralih dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern ditanam. Ketapang dalam waktu sekejap menjadi laboratorium pertanian terbesar. Di sinilah pupuk baru, benih baru, teknologi dan alat-alat pertanian baru diujicoba. Panen pedana sudah dilakukan pada awal April 2013. Dengan cara bertanam memanfaatkan teknologi modern itu. Produktifitas sawah yang biasanya hanya 2,5-3 ton/hektar meningkat menjadi 5 ton/hektar. Petani yang biasanya hanya panen sekali setahun bisa panen 3 kali dalam setahun. Proyek sejenis akan diterapkan di daerah lain.
http:// www.setkab.go.id / pro-rakyat-8709- food-estate-ket apang-mendukung -surplus-10-jut a-ton-beras.htm l
6. Industrialisasi Sorgum
Spoiler for Industriali sorgum
Indonesia mengimpor 7 juta ton tepung terigu per tahun untuk pembuatan roti dan mi instan. Kebergantungan pada impor gandum, selain mematikan sektor pertanian, menguras devisa hingga 2,5 miliar dollar AS per tahun. Dahlan menginstruksika n penanaman15 ribu hektare (ha) tananam sorgum pada BUMN-BUMN perkebunan. Targetnya indonesia bisa memproduksi sorgum dua juta ton dalam setahun, sehingga bisa mengurangi 30 persen impor. Ujicoba penanamana sorgum dilakukan di lahan marginal seluas 7.5 hektar PTPN XII, Banyuwangi. Panen perdana sukses dilakukan pada November 2012. Budidaya sorgum juga dimanfaatkan BUMN untuk membantu pengentasan kemiskinan di Atambua NTT.
http:// koran-jakarta.co m/index.php/ detail/view01/ 105489
http:// id.berita.yahoo. com/ dahlan-bogasari- siap-beli-tepun g-sorgum-atambu a-063122329.htm l
7. Membranisasi Garam
Spoiler for membranisasi garam
Negara 70% wilayahnya berupa lautan ini ini ternyata harus mengimpor 2,7 juta ton garam/tahun. Produksi garam secara tradisional menjadi penyebabnya. BUMN PT Garam kemudain menjadi pioner penggunaan geomembran untuk melapisi ladang garamnya. Hasilnya produksi garam meningkat dari 70 ton/ha menjadi 130 ton/ha. Kualitas garam yang dihasilkan pun 100% kelas satu karena tidak bercampur dengan tanah. Keberhasilan ujicoba ini akan diterapkan di ladang milih petani rakyat. Juni 2013 BUMN mengucurkan kredit pembelian geomembran untuk 1000 petani termiskin.
http:// beritajatim.com/ ekonomi/178625/ bumn_akan_pinjam i_petani_garam_ modal.html#.Ul5 Y-mQpa50
Tapi rupanya kredit tahap awal untuk 1000 petani itu dirasa kurang. Petani pemilik lahan yang tidak termasuk 1000 petani miskin pun menuntut diberi fasilitas yang sama. Memang jumlah petani garam di Madura diperkirakan lebih dari 5000 orang. Semoga BUMN segera menambah jumlah kreditnya.
8. Revolusi Oranye
Spoiler for 8. Revolusi Oranye
Serbuan buah impor harus di lawan. Potensi ekspor buah tropis juga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ide revolusi oranye dari IPB ditangkap Dahlan Iskan dengan menginstruksika n PTPN untuk menanam buah tropis. Buah-buahan seperti pisang, durian, manggis, pepaya dll akan ditanam besar-besaran di seluruh indoensia. Juni 2013, PTPN VIII sudah mulai menanam 1.200 ha perkebunan buah tropis. Panen perdananya berupa Pisang Barangan di Kebun Jalupang, Subang, Jawa Barat yang akan menghasilkan 700 ton hingga akhir tahun ini. “Saatnya kita menjadi eksportir buah, bukan cuma importir buah” Kata Dahlan.
http:// www.antaranews.c om/berita/ 344418/ ipb-kementerian- bumn-luncurkan- revolusi-orange
9. Melawan Impor Sapi
Spoiler for 9. Melawan Impor Sapi
Kasus impor sapi ini tidak perlu diceritakan kembali. Yang jelas, Indonesia masih harus mengimpor sapi 350.000 ekor/tahun. Itupun harus dibayar mahal mencapai 120 ribu/kilogram daging. Mengatasi impor sapi ini, Dahlan Iskan berinisiatif memanfaatkan BUMN peternakan yang selama ini nyaris tak terdengar: PT Berdikari yang ‘terjerumus’ ke bisnis asuransi dan mebel. Peternakan sapi milih BUMN di padang savanah Kabaru diserahkan pengelolanya ke Berdikari. PT. Berdikari melalui anak perusahaannya juga membuat peternakan sapi terintegrasi di Sidrap Sulawesi. PTPN-pun dipaksa mengembangkan Sapi Sawit sebagai alternatif pakan murah. Budidaya Sorgum dimanfaatkan juga sebagai penyedia pakan murah melalui inovasi permen sorgum. Tapi hasilnya tidak sesuai yang diharapkan karena keterbatasan sapi bakalan. Pakan sudah tersedia, tapi sapi anakan yang mau digemukkan susah dicari.
Dahlan lalu melontarkan ide kontroversial dengan pembelian saham peternakan di Australia. Rencananya sapi bakalan akan diproduksi disana, lalu digemukkan di Indonesia. Alasannya produksi anakan sapi di Australia lima kali lebih murah ketimbang di Indonesia. Sedangkan biaya penggemukan sapi di Indonesia lebih murah tiga kali lipat dibanding di Australia. Dua BUMN yaitu RNI dan Pupuk Indonesia sedang bernegosiasi mewujudkan ide ini.
http:// ekbis.sindonews. com/read/2013/ 09/11/34/781753/ kembangkan-sapi- bumn-bertekad-b eli-lahan-di-au stralia
10. Membangkitkan BUMN Perikanan.
Spoiler for 10. Membangkitkan BUMN Perikanan.
Sempat berhenti beroperasi 7 tahun lalu. PT.Perikanan Indonesia dibangkitkan lagi melalui restrukturisasi tanpa menggunakan modal negara oleh Dahlan Iskan. Hasilnya sampai akhir tahun 2013 laba diperkirakan bisa menembus Rp2,7 miliar, naik dari laba tahun 2012 sebesar Rp1,6 miliar. Kontribusi pendapatan masih dari bisnis penangkapan dan pengolahan ikan. 26 September 2013, Dahlan meresmikan pabrik pengolahan ikan modern milik Prinus di Sorong, Papua. Ditargetkan mulai tahun depan Prinus bisa melakukan ekspor ikan olahan.
http:// id.berita.yahoo. com/ dahlan-bangkitka n-bumn-perikana n-yang-hampir-t erkubur-0523437 94–finance.htm l
http:// finance.detik.co m/read/2013/09/ 27/124650/ 2371228/1036/ bangun-papua-dah lan-resmikan-pa brik-pengolahan -ikan-modern-bu mn-di-sorong
11. Batan Tekno mulai Mendunia
Spoiler for 11. Batan Tekno mulai Mendunia
Masih banyak program ketahanan pangan berskala lebih kecil yang di dukung BUMN. Seperti budidaya singkong gajah di Wonogiri, budidaya Porang di Blora, pembangunan pabrik sagu di Distrik Kais, Papua dan lain-lain. Semua proyek ini sedang berjalan dan masih banyak kekurangan disana sini. Setidaknya langkah pertama sudah diayunkan.
12. PT. Kertas Leces dibangkitkan
Spoiler for 12. PT. Kertas Leces dibangkitkan
13. Pabrik Gula Merah Putih
Spoiler for 13. Pabrik Gula Merah Putih
14. PT. IKI Timbul dari Tenggelam
Spoiler for 14. PT. IKI Timbul dari Tenggelam
15. program BPJS Kesehatan
Spoiler for 15. program BPJS Kesehatan
Visi kedua kementerian BUMN di bawah Dahlan Iskan adalah menjadi Engine of Growth. BUMN harus menjadi mesin pertumbuhan ekonomi bangsa. Proyek-proyek penting yang akan bisa menggerakkan ekonomi secara nyata harus dimasuki BUMN.
Kebuntuan pembangunan infrastruktur di Indonesia selama ini mengambat pertumbuhan ekonomi. Padahal pengembangan infrastruktur yang baik akan meningkatkan daya saing usaha. Transportasi lancar dan efisien, harga barang akan lebih murah.
Selama 2 tahun menjadi menteri BUMN, Dahlan Iskan memanfaatkan kekuatan investasi BUMN yang setara APBN melakukan berbagai terobosan untuk memecahkan kebuntuan pembangunan infrastruktur. Tanpa menggunakan APBN, proyek-proyek infrastruktur berjalan cepat tanpa hambatan birokrasi dan terhindar dari kongkalikong.
TOL BALI MANDARA, BALI
Spoiler for tol bali mandara
Semula tol ini akan dibangun melalui jalur darat dengan rute Denpasar selatan-Seranga n-Benoa-Nusa Dua, dengan total biaya Rp5,5 triliun. Tapi karena harga tanah yang sangat tinggi, tidak ada investor yang tertarik. Tol ini 5 tahun mangkrak padahal kemacetan di Denpasar semakin parah. BUMN kemudian membuat terobosan jalan tol tanpa tanah atau di tepi pantai dengan biaya hanya Rp2 triliun dan tidak membutuhkan anggaran pemerintah (APBN). Hasilnya tol sepanjang 12 km persegi itu tuntas dikerjakan dalam waktu 14 bulan oleh Konsorsium BUMN. Diresmikan 23 September 2013, tol yang diberi nama Bali Mandara oleh Presiden SBY ini mencatat sejarah sebagai tol atas laut pertama dan pembangunan tol tercepat di Indonesia.
http:// www.jpnn.com/ read/2013/09/17/ 191454/ Dahlan-Iskan-Ban ggakan-Keistime waan-Tol-Bali-
http:// www.youtube.com/ watch?v=nCRiG2CR yec
BANDARA KUALA NAMU, MEDAN.
Spoiler for BANDARA KUALA NAMU, MEDAN.
Direncanakan dibangun sejak tahun 1994 namun pembangunan resmi dimulai 26 Juni 2006 oleh wapres Jusuf Kalla. Setelah itu pembangunan berjalan lambat karena masalah pembebasan tanah. Baru dua tahun terakhir ini pembanguan Kuala Namu oleh konsorsium BUMN berhasil menyelesaikan 50% yang tersisa. Tanggal 25 Juli 2013 KNIA memulai operasional perdana menggantikan Bandara Polonia dengan sukses. KNIA adalah bandara pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan moda kereta.
http:// www.waspada.co.i d/ index.php?option =com_content&vi ew=article&id=2 95624%3Aoperasi onal-perdana-kn ia-sukses&catid =77%3Afokuredak si&Itemid=131
BANDARA NGURAH RAI, BALI
Spoiler for BANDARA NGURAH RAI, BALI
Sebagai
‘pintu masuk’ Indonesia, Selama ini Bandara Ngurah Rai, Bali terkesan
seadanya. Namun September ini, bersamaan dengan peresmian Tol Bali
Mandara, Presiden SBY juga meresmikan operasional New Ngurah Rai. Inilah
Bandara Indonesia pertama yang kecanggihan sistem pengamanannya setara
bandara-bandara di Amerika.
http:// www.republika.co .id/berita/ nasional/daerah/ 12/11/29/ me99h0-wuih-band ara-ngurah-rai- bakal-lebih-can ggih-dari-soett a
http:// www.republika.co .id/berita/ nasional/daerah/ 12/11/29/ me99h0-wuih-band ara-ngurah-rai- bakal-lebih-can ggih-dari-soett a
PELABUHAN TELUK BAYUR, SUMATERA BARAT
Spoiler for PELABUHAN TELUK BAYUR, SUMATERA BARAT
Pantai
barat Sumatera selama ini terasa ‘dianaktirikan’ pembangunannya di
banding pantai timur. Dahlan mempunyai visi mengembangkan keduanya,
salah satunya dengan modernisasi Pelabuhan Teluk Bayur. 29 April 2013,
Dahlan meresmikan TPK (Terminal Peti Kemas) Teluk Bayur. Kapasitasnya
mampu menampung 4.000 box peti emas. Targetnya, New Teluk Bayur akan
menjadi pelabuhan yang efisien karena bebas antrian kapal dan menjadi
pusat pertumbuhan ekonomi pantai barat Sumatera.
http:// www.jpnn.com/ read/2013/04/30/ 169685/ Dahlan-Iskan-Res mikan-TPK-Teluk -Bayur-
http:// www.jpnn.com/ read/2013/04/30/ 169685/ Dahlan-Iskan-Res mikan-TPK-Teluk -Bayur-
SEDANG DIBANGUN:
PELABUHAN KALIBARU (NEW TANJUNG PRIOK), JAKARTA
Spoiler for kalibaru
Selama
lebih dari seratus tahun, Pelabuhan terbesar di Indonesia ini nyaris
tanpa perkembangan berarti. Akibatnya semakin tertinggal dari pelabuhan
di Singapura dan Malaysia. Pelabuhan ini tidak mampu mengikuti trend
angkutan menggunakan kapal-kapal besar yang lebih efisien. BUMN PT
Pelindo II atau IPC menanamkan investasi hingga US$ 4 miliar sehingga
pelabuhan ini nanti bisa disinggahi kapal terbesar yang berukuran 18.000
teus. 22 Maret 2013, Presiden SBY meresmikan groundbreaking New Tanjung
Priok. Terminal I pelabuhan Kalibaruini akan selesai pada akhir 2014.
Inilah proyek yang akan membuat pelabuhan di Indonesia sejajar dengan
pelabuhan-pelab uhan besar di dunia.
http:// www.merdeka.com/ khas/ satu-pukulan-lin o-untuk-130-tah un-kolom-dahlan -iskan.html
http:// www.merdeka.com/ khas/ satu-pukulan-lin o-untuk-130-tah un-kolom-dahlan -iskan.html
PELABUHAN SORONG, PAPUA.
Spoiler for PELABUHAN SORONG, PAPUA.
Biaya
logistik ke Indoensia Timur terutama Papua selama ini tidak efisien.
Biayanya mahal dan lama. Tahun ini, konsorsium BUMN memulai proyek
pembangunan pelabuhan besar di Sorong yang setara pelabuhan Makasar.
Sehingga mobilitas logistik dari dan ke Papua dan sekitarnya tidak perlu
lagi melalui Pelabuhan Makassar. Begitupun komoditas asal Maluku dan
NTT. Ini akan akan memperpendek waktu, juga akan mengurangi biaya
sekitar 50 persen.
http:// economy.okezone. com/read/2013/ 04/22/320/ 795606/ m.okezone.com
http:// economy.okezone. com/read/2013/ 04/22/320/ 795606/ m.okezone.com
TERMINAL 2 BANDARA JUANDA, SURABAYA.
Spoiler for TERMINAL 2 BANDARA JUANDA, SURABAYA.
Pembangunan
terminal 2 Juanda punya fakta menarik. Dibangun Angaksa Pura I, bandara
ini lebih canggih, lebih bagus, lebih cepat tapi ternyata menghabiskan
biaya yang jauh lebih sedikit dari terminal 1-nya.
“Tidak sampe Rp 1,5 triliun, sekitar Rp 1,2 triliun saja. Ini jauh lebih bagus. Tapi bandara lama menghabiskan Rp 4,5 triliun. Itu karena zaman jahiliyah,” kata Dahlan singkat.
Pembangunan terminal 2 akan selesai bulan November 2013, dengan kapasitas per terminal 6,5 juta penumpang per tahun.
http:// www.merdeka.com/ uang/ dahlan-lebih-mew ah-terminal-2-b andara-juanda-m alah-lebih-mura h.html
“Tidak sampe Rp 1,5 triliun, sekitar Rp 1,2 triliun saja. Ini jauh lebih bagus. Tapi bandara lama menghabiskan Rp 4,5 triliun. Itu karena zaman jahiliyah,” kata Dahlan singkat.
Pembangunan terminal 2 akan selesai bulan November 2013, dengan kapasitas per terminal 6,5 juta penumpang per tahun.
http:// www.merdeka.com/ uang/ dahlan-lebih-mew ah-terminal-2-b andara-juanda-m alah-lebih-mura h.html
Lanjutan
http://www.kaskus.co.id/show_post/53...500001f5/241/-
^ penjelasan gw kenapa dibandingkan !!!
BANDARA SEPINGGAN, BALIKPAPAN
Jalan Tol Di Atas Laut Jakarta-Surabaya
BUMN Bersih
Dahlan Iskan menggagas program bersih-bersih di internal korporasi BUMN. Program ini bernama BUMN bersih. Untuk melaksanakan bersih-bersih di BUMN ini, Kementerian BUMN menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
Program BUMN bersih ini dibagi ke dalam 3 level yakni tingkat direksi dan komisaris, kepala divisi atau vice president, serta manajer. Program tahap I untuk level bersih-bersih BUMN yang ditutup pada tanggal 31 Oktober 2013 ini diikuti oleh 140 BUMN.
http://finance.detik..com/read/2013/...ainnews#bigpic
Dahlan launching BUMN Bersih
Sindonews.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan hari ini, mencanangkan Roadmap menuju “BUMN Bersih” yang diselenggarakan di Kantor Kementerian BUMN.
“Program ini merupakan wujud konsistensi Kementerian BUMN dalam merancang dan melaksanakan aksi anti korupsi, baik di lingkungan BUMN maupun di BUMN itu sendiri,” kata Dahlan dalam pidatonya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2013).
Dahlan mengaku bahwa pihaknya telah melakukan berbagai penataan di tubuh Kementerian BUMN. Mislanya penataan rangkap jabatan dewan komisaris atas dewas pengawas, serta pengadaan barang atau jasa melalui e-procurement.
“Untuk mengawasi itu semua, kita bekerja sama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk penerapan Program Pengendalian Gratifikasi di lingkungan Kementerian BUMN,” jelas Dahlan.
Keputusan Dahlan tersebut berdasarkan keputusan Menteri BUMN Nomor SK-439/MBU/2013 tanggal 14 Agustus 2013 tentang Pembentukan Tim Penyusunan Roadmap BUMN Bersih (RBB).
http://ekbis.sindonews.com/read/2013...ng-bumn-bersih
Dahlan Iskan Luncurkan Program BUMN Bersih
Dahlan Iskan Bakal Pecat Dirut yang Ogah Daftar “BUMN Bersih”
Menciptakan Grameen Bank Lokal
Dorong BUMN Ekspansi ke Myanmar
Monorel Konsorsium BUMN
Monorel Jabodetabek
MObil Listrik Nasional
silahkan NILAI SENDIRI. apakah prestasi JOKOWI melebihi DAHLAN ISKAN atau DIBAWAHNYA ?
^ penjelasan gw kenapa dibandingkan !!!
BANDARA SEPINGGAN, BALIKPAPAN
Spoiler for BANDARA SEPINGGAN, BALIKPAPAN
Inilah
Bandara Indonesia pertama yang mempunyai mall di dalamnya mengadopsi
konsep Bandara Icheon, Korsel. Bandara baru ini akan mampu menampung 10
juta penumpang/ tahun, peningkatan besar dari daya tampung saat ini yang
hanya 1,7 juta penumpang/ tahun. Pembangunan fisiknya selesai Januari
2014 dan ditargetkan beroperasi penuh sebulan kemudian.
http:// www.kaltimpost.c o.id/berita/ detail/31150/ sepinggan-terbai k-ke-2-nasional .html
Masih ada beberapa proyek infrastruktur BUMN lain yang dalam pembangunan, berupa ide, atau terhambat berbagai masalah
http:// www.kaltimpost.c o.id/berita/ detail/31150/ sepinggan-terbai k-ke-2-nasional .html
Masih ada beberapa proyek infrastruktur BUMN lain yang dalam pembangunan, berupa ide, atau terhambat berbagai masalah
Jalan Tol Di Atas Laut Jakarta-Surabaya
Spoiler for Jalan Tol Di Atas Laut Jakarta-Surabaya
Sukses
di tol atas laut Bali, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengusulkan dan
mendorong ide pembangunan jalan tol di atas laut Jakarta-Surabaya.
Nantinya tol di atas laut pesisir utara Jawa ini bakal dikerjakan dan
dibiayai secara keroyokan oleh 19 BUMN.
Saat ini, tol ini masuk tahap studi kelayakan atau feasibility study. Tol ini nantinya bakal dilengkapi jalur rel kereta cepat dan pipa gas. Tol ini dibangun untuk mengurai kepadatan jalur pantura.
http://finance.detik..com/read/2013/...ainnews#bigpic
Saat ini, tol ini masuk tahap studi kelayakan atau feasibility study. Tol ini nantinya bakal dilengkapi jalur rel kereta cepat dan pipa gas. Tol ini dibangun untuk mengurai kepadatan jalur pantura.
http://finance.detik..com/read/2013/...ainnews#bigpic
BUMN Bersih
Dahlan Iskan menggagas program bersih-bersih di internal korporasi BUMN. Program ini bernama BUMN bersih. Untuk melaksanakan bersih-bersih di BUMN ini, Kementerian BUMN menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
Program BUMN bersih ini dibagi ke dalam 3 level yakni tingkat direksi dan komisaris, kepala divisi atau vice president, serta manajer. Program tahap I untuk level bersih-bersih BUMN yang ditutup pada tanggal 31 Oktober 2013 ini diikuti oleh 140 BUMN.
http://finance.detik..com/read/2013/...ainnews#bigpic
Dahlan launching BUMN Bersih
Spoiler for Dahlan launching BUMN Bersih
Sindonews.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan hari ini, mencanangkan Roadmap menuju “BUMN Bersih” yang diselenggarakan di Kantor Kementerian BUMN.
“Program ini merupakan wujud konsistensi Kementerian BUMN dalam merancang dan melaksanakan aksi anti korupsi, baik di lingkungan BUMN maupun di BUMN itu sendiri,” kata Dahlan dalam pidatonya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2013).
Dahlan mengaku bahwa pihaknya telah melakukan berbagai penataan di tubuh Kementerian BUMN. Mislanya penataan rangkap jabatan dewan komisaris atas dewas pengawas, serta pengadaan barang atau jasa melalui e-procurement.
“Untuk mengawasi itu semua, kita bekerja sama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk penerapan Program Pengendalian Gratifikasi di lingkungan Kementerian BUMN,” jelas Dahlan.
Keputusan Dahlan tersebut berdasarkan keputusan Menteri BUMN Nomor SK-439/MBU/2013 tanggal 14 Agustus 2013 tentang Pembentukan Tim Penyusunan Roadmap BUMN Bersih (RBB).
http://ekbis.sindonews.com/read/2013...ng-bumn-bersih
Dahlan Iskan Luncurkan Program BUMN Bersih
Spoiler for bumn bersih 2
TEMPO.CO,
Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan meluncurkan
roadmap BUMN Bersih sebagai aksi antikorupsi di lingkungan Kementerian
BUMN dan perusahaan-perusahaan negara. Sebelumnya, Kementerian BUMN
telah menerapkan pengaturan gratifikasi bagi aparatur Kementerian,
penataan rangkap jabatan Dewan Komisaris, serta pengadaan barang dan
jasa melalui e-procurement.
“Program ini juga harus diterapkan di lingkungan masing-masing BUMN,” ujar Dahlan di hadapan 38 Direktur Utama BUMN saat meluncurkan program BUMN Bersih di kantornya, Rabu, 25 September 2013.
Program ini, kata Dahlan, harus dijalankan secara serentak oleh seluruh perusahaan negara pada 1 Oktober mendatang. Sejauh ini sudah ada 30 BUMN yang menjalankan program ini secara sukarela. “Nantinya, program ini wajib dijalankan seluruh BUMN. Tapi kalau ada yang tidak sanggup, ya berhenti,” ucapnya.
Pada awal bulan depan, para direksi BUMN diminta mendaftar kepada tim penyusun roadmap BUMN Bersih ini.
Sebelumnya, pemerintah telah mencanangkan program Good Corporate Governance yang meliputi sistem whistle blowing, code of conduct, melengkapi laporan harta kekayaan pejabat negara pada tiga jenjang jabatan, dan service level agreement bagi BUMN yang mengelola subsidi. Tapi, Dahlan menjelaskan, GCG saja tidak cukup karena masih ada persoalan korupsi dan gratifikasi. “Kita ingin lebih dari itu,” tuturnya.
Sebagai tahap pertama pelaksanaan program ini, Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi Direksi dan Dewan Komisaris atau Dewan Pengawas BUMN untuk mendaftarkan diri. “Pendaftarannya paling lambat 31 Oktober,” ujar Dahlan. Setelah mendaftar, tim roadmap BUMN Bersih akan mensurvei jajaran direksi dan anak perusahaan, jajaran satu level di bawah direksi, serta manajer dan jabatan pimpinan lainya dua tingkat di bawah direksi.
Tim roadmap akan memberikan tiga kategori penilaian kepada BUMN yang telah menerapkan program ini. Kategori tersebut adalan BUMN Bersih Tingkat I, BUMN Bersih Tingkat II, dan BUMN Bersih Tingkat III. “Masing-masing kategori dibedakan berdasarkan hasil survei berdasarkan waktu pendaftaran setiap BUMN,” Dahlan menjelaskan.
http://www.tempo.co/read/news/2013/0...am-BUMN-Bersih
“Program ini juga harus diterapkan di lingkungan masing-masing BUMN,” ujar Dahlan di hadapan 38 Direktur Utama BUMN saat meluncurkan program BUMN Bersih di kantornya, Rabu, 25 September 2013.
Program ini, kata Dahlan, harus dijalankan secara serentak oleh seluruh perusahaan negara pada 1 Oktober mendatang. Sejauh ini sudah ada 30 BUMN yang menjalankan program ini secara sukarela. “Nantinya, program ini wajib dijalankan seluruh BUMN. Tapi kalau ada yang tidak sanggup, ya berhenti,” ucapnya.
Pada awal bulan depan, para direksi BUMN diminta mendaftar kepada tim penyusun roadmap BUMN Bersih ini.
Sebelumnya, pemerintah telah mencanangkan program Good Corporate Governance yang meliputi sistem whistle blowing, code of conduct, melengkapi laporan harta kekayaan pejabat negara pada tiga jenjang jabatan, dan service level agreement bagi BUMN yang mengelola subsidi. Tapi, Dahlan menjelaskan, GCG saja tidak cukup karena masih ada persoalan korupsi dan gratifikasi. “Kita ingin lebih dari itu,” tuturnya.
Sebagai tahap pertama pelaksanaan program ini, Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi Direksi dan Dewan Komisaris atau Dewan Pengawas BUMN untuk mendaftarkan diri. “Pendaftarannya paling lambat 31 Oktober,” ujar Dahlan. Setelah mendaftar, tim roadmap BUMN Bersih akan mensurvei jajaran direksi dan anak perusahaan, jajaran satu level di bawah direksi, serta manajer dan jabatan pimpinan lainya dua tingkat di bawah direksi.
Tim roadmap akan memberikan tiga kategori penilaian kepada BUMN yang telah menerapkan program ini. Kategori tersebut adalan BUMN Bersih Tingkat I, BUMN Bersih Tingkat II, dan BUMN Bersih Tingkat III. “Masing-masing kategori dibedakan berdasarkan hasil survei berdasarkan waktu pendaftaran setiap BUMN,” Dahlan menjelaskan.
http://www.tempo.co/read/news/2013/0...am-BUMN-Bersih
Dahlan Iskan Bakal Pecat Dirut yang Ogah Daftar “BUMN Bersih”
Spoiler for bumn bersih 3
JAKARTA
– Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku akan
bertindak tegas terhadap perusahaan pelat merah yang bandel dan tak mau
ikut roadmap menuju ‘BUMN Bersih’. Bahkan Dahlan tak segan akan langsung
mengganti Dirut yang bersangkutan.
“Kalau ada BUMN tidak mau mendaftar dan tidak bersedia ikut, direksinya akan saya ganti,” ucap Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (25/9).
Nantinya bila ada BUMN yang belum mendaftar sampai 31 Oktober 2013, maka beberapa BUMN ini akan dikelompokkan menjadi satu dan akan dimonitor oleh tim roadmap ‘BUMN Bersih’.
“Bagi perusahaan BUMN yang belum percaya diri untuk mendaftar mereka nanti akan dimasukan program khusus, kalau sanggup silahkan lanjut, kalau tidak sanggup ya berhenti saja,” terangnya.
Bekas Dirut PLN ini sadar, untuk menuju BUMN bersih dibutuhkan waktu. “Semua butuh proses dan bertahap. Tidak bisa langsung bersih begitu saja, makanya ini harus dimulai dari sekarang,” pungkas Dahlan yang juga menjabat sebagai Ketua FOBI ini. (chi/jpnn)
http://www.jpnn.com/read/2013/09/26/...r-BUMN-Bersih-
“Kalau ada BUMN tidak mau mendaftar dan tidak bersedia ikut, direksinya akan saya ganti,” ucap Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (25/9).
Nantinya bila ada BUMN yang belum mendaftar sampai 31 Oktober 2013, maka beberapa BUMN ini akan dikelompokkan menjadi satu dan akan dimonitor oleh tim roadmap ‘BUMN Bersih’.
“Bagi perusahaan BUMN yang belum percaya diri untuk mendaftar mereka nanti akan dimasukan program khusus, kalau sanggup silahkan lanjut, kalau tidak sanggup ya berhenti saja,” terangnya.
Bekas Dirut PLN ini sadar, untuk menuju BUMN bersih dibutuhkan waktu. “Semua butuh proses dan bertahap. Tidak bisa langsung bersih begitu saja, makanya ini harus dimulai dari sekarang,” pungkas Dahlan yang juga menjabat sebagai Ketua FOBI ini. (chi/jpnn)
http://www.jpnn.com/read/2013/09/26/...r-BUMN-Bersih-
Menciptakan Grameen Bank Lokal
Spoiler for Menciptakan Grameen Bank Lokal
Dahlan
Iskan sedang merancang skema penugasan kepada PT Permodalan Nasional
Madani (Persero) untuk mengelola dan menyalurkan triliunan rupiah dana
Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau Corporate Sosial
Responsibility (CSR) dari 140 BUMN.
Langkah ini ditempuh, agar penyaluran dana dan pembinaan bisa tepat sasaran dan tidak membebani BUMN di luar bisnis utamanya. Nantinya BUMN besar seperti PT PGN Tbk, PT Pertamina (Persero) atau PT PLN (Persero), yang kurang memiliki kompetensi untuk mengelola program dan dana CSR akan dilakukan oleh PNM. Harapannya PNM yang fokus pembiayaan pada sektor UKM ini bisa berkembang menjadi Grameen Bank ala Bangladesh.
http://finance.detik..com/read/2013/...ainnews#bigpic
Langkah ini ditempuh, agar penyaluran dana dan pembinaan bisa tepat sasaran dan tidak membebani BUMN di luar bisnis utamanya. Nantinya BUMN besar seperti PT PGN Tbk, PT Pertamina (Persero) atau PT PLN (Persero), yang kurang memiliki kompetensi untuk mengelola program dan dana CSR akan dilakukan oleh PNM. Harapannya PNM yang fokus pembiayaan pada sektor UKM ini bisa berkembang menjadi Grameen Bank ala Bangladesh.
http://finance.detik..com/read/2013/...ainnews#bigpic
Dorong BUMN Ekspansi ke Myanmar
Spoiler for BUMN expansi ke Myanmar
Dahlan
mendorong perusahaan pelat merah Indonesia melebarkan sayapnya ke luar
negeri. Dahlan mendorong ekspansi BUMN ke Myanmar. Setidaknya ada 15
BUMN yang sedang dan telah menajajaki ekspansi usaha di Myanmar.
Seperti Wijaya Karya yang membangun pabrik beton, PLN yang membatu supervisi kelistrikan, Bukit Asam mencari tambang batubara hingga mendirikan pembangkit listrik. Pupuk Indonesia dan Pertamina juga ikut berpartisipasi melebarkan sayap bisnisnya di Myanmar.
http://finance.detik..com/read/2013/...ainnews#bigpic
Seperti Wijaya Karya yang membangun pabrik beton, PLN yang membatu supervisi kelistrikan, Bukit Asam mencari tambang batubara hingga mendirikan pembangkit listrik. Pupuk Indonesia dan Pertamina juga ikut berpartisipasi melebarkan sayap bisnisnya di Myanmar.
http://finance.detik..com/read/2013/...ainnews#bigpic
Monorel Konsorsium BUMN
Spoiler for monorel BUMN
Mock
up atau contoh model monorel Jabodetabek secara resmi diperkenalkan
kepada publik di Kantor Pusat PT Industri Kereta Api (Persero), Madiun,
Jawa Timur kemarin.
Monorel karya konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diketuai PT Adhi Karya Tbk (ADHI) ini dirancang oleh putra-putri Indonesia.
Dari mulai kereta, sistem tiket hingga sistem pengawasan monorel dirancang dan dibuat oleh anggota konsorsium pelat merah. BUMN tersebut adalah PT Adhi Karya Tbk, PT LEN, PT INKA, dan PT Angkasa Pura II sebagai operator, ini akan melayani transportasi penghubung terminal 1, terminal 2, dan terminal 3.
http://finance.detik..com/read/2013/...g-monorel-bumn
Monorel karya konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diketuai PT Adhi Karya Tbk (ADHI) ini dirancang oleh putra-putri Indonesia.
Dari mulai kereta, sistem tiket hingga sistem pengawasan monorel dirancang dan dibuat oleh anggota konsorsium pelat merah. BUMN tersebut adalah PT Adhi Karya Tbk, PT LEN, PT INKA, dan PT Angkasa Pura II sebagai operator, ini akan melayani transportasi penghubung terminal 1, terminal 2, dan terminal 3.
http://finance.detik..com/read/2013/...g-monorel-bumn
Monorel Jabodetabek
Spoiler for Monorel Jabodetabek
Dahlan
memfasilitasi perusahaan pelat merah mengatasi persoalan transportasi
di Jabodetabek. Dahlan mendorong pembangunan monorel yang melayani rute
Jabodetabek.
Monorel ini nantinya dibangun, dibiayai dan dikembangkan secara keroyokan oleh konsorsium BUMN. Konsorsium ini diketuai PT Adhi Karya Tbk (ADHI).
Saat ini izin pembangunan monorel usulan konsorsium BUMN masih tertahan di Kementerian Koordinator Perekonomian. http://finance.detik..com/read/2013/...ainnews#bigpic
Monorel ini nantinya dibangun, dibiayai dan dikembangkan secara keroyokan oleh konsorsium BUMN. Konsorsium ini diketuai PT Adhi Karya Tbk (ADHI).
Saat ini izin pembangunan monorel usulan konsorsium BUMN masih tertahan di Kementerian Koordinator Perekonomian. http://finance.detik..com/read/2013/...ainnews#bigpic
MObil Listrik Nasional
Spoiler for MObil Listrik Nasional
Mobil
listrik pesanan Menteri BUMN Dahlan Iskan, Selo dan Gendis telah lolos
uji sertifikasi dari Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi
Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perbubungan di Bekasi, Jawa
Barat.
Selanjutnya prototype mobil listrik yang diproduksi oleh putra-putri Indonesia telah dikirim ke Bali. Di Bali, mobil ini bakal dipamerkan kepada para peserta KTT APEC.
http://finance.detik..com/read/2013/...uji-laik-jalan
Selanjutnya prototype mobil listrik yang diproduksi oleh putra-putri Indonesia telah dikirim ke Bali. Di Bali, mobil ini bakal dipamerkan kepada para peserta KTT APEC.
http://finance.detik..com/read/2013/...uji-laik-jalan
silahkan NILAI SENDIRI. apakah prestasi JOKOWI melebihi DAHLAN ISKAN atau DIBAWAHNYA ?
No comments:
Post a Comment