as

Tuesday 28 August 2012

Cara mengembalikan File gambar yang hilang dikartu memory kamera DSLR


ini pengalaman teman sekantor saya, setelah mudik lebaran dari surabaya dan membawa hasil foto-foto disana, setelah dibuka di komputer . . . . . . . . . . hilang data. .  . . .?????

Tanpa basa basi langsung meluncur ke amang google untuk mencari petuah dari beliau. dan jreeeeeeeenggggggggggggggggggggg . . . . . .

belummmm. .  heee

langkahnya lumayan panjang.
pertama kita mencari dulu sebuah Folder dengan nama "Folder000" dengan isi file extention CHK.

kalau tidak ditemukan folder tersebut. buka hideen optionnya. dan kalau masih belum ditemukan. klik kanan propertis pada Removable Disk, Tool, Error-checking, Check Now.

Kenapa harus mencari folder dengan nama "Folder000", Setelah saya selidiki dan mencari info tentang file ini, ternyata windows dengan sengaja mengganti File-File menjadi File berekstensi CHK. Tujuannya agar sector yang error tersebut tidak digunakan kembali. 
Hal ini diakibatkan terjadinya kerusakan / error (bad sector) pada Flash Disk kita, karena seringnya saya mencabut Flash Disk tanpa "Remove Safely USB.

Kedua gunakan software untuk mengembalikan file.CHK ke semua. Nama softwarenya adalah UnCHK
dapat didownload disini

Download here

Ketiga langkah langkah yang harus dilakukan 

Buka dan extract dulu, kemudian jalankan aplikasinya, pertama pilih dl directory file tempat tersimpanya file CHK.

 
 Klik OK




 Tentukan lokasi tempat file.CHK nya berada, dan ingat pastika mengklik folder tersebut sampai menjadi seperti gambar dibawah ini.





Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, kalo saya mencoba dengan pilihan Hard Drive biar proses recovery nya cepet, setelah itu tekan ok

 


Klik OK dan Sekarang tinggal tunggu prosesnya sampai selesai




No comments:

Post a Comment